Kamis, 26 Juni 2014

Contoh Naskah Pidato Bertema Pendidikan Karakter

Contoh Naskah Pidato Bertema Pendidikan Karakter


 Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatu.
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberi kita kesehatan dan kesempatan untuk datang ketempat yang mulia ini, tidak lain untuk menuntut ilmu pengetahuan. Dan tidak lupa pula kita krmkan salam dan salawat atas junjungan Nabiullah Muhammad SAW.
Pada kesempatan ini saya akan membawakan pidato singkat tentang pentingnya Pendidikan Karakter di negeri kita tercinta.

Karakter bangsa Indonesia merupakan kristalisasi nilai-nilai kehidupan nyata bangsa Indonesia yang merupakan perwujudan dan pengamalan Pancasila. Pada hakekatnya pendidikan Karakter merupakan pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak yang bertujuan mengembangkan kemampuan seluruh warga sekolah untuk memberikan keputusan baik-buruk, keteladanan, memelihara apa yang baik & mewujudkan kebaikan itu dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati.
Permasalahan budaya dan karakter bangsa kini banyak diperbincangkan. Berbagai persoalan yang muncul di masyarakat seperti korupsi, kekerasan, kejahatan seksual, perusakan, perkelahian massa, tawuran antarpelajar, turunnya kewibawaan guru di mata peserta didik, pola hidup konsumtif, dan sebagainya menjadi topik pembahasan hangat. Bangsa kita  menghadapi permasalahan seperti disorientasi dalam implementasi nilai-nilai Pancasila; bergesernya nilai etika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara; memudarnya kesadaran terhadap nilai-nilai budaya bangsa; ancaman disintegrasi bangsa; melemahnya kemandirian bangsa. Berbagai alternatif penyelesaian diajukan antara lain dibuatnya peraturan yang berkaitan dengan penguatan kembali budaya dan karakter bangsa

Melalui pendidikan diharapkan dapat terwujud peningkatan kualitas generasi muda bangsa yang mampu meminimalisasi penyebab berbagai permasalahan budaya dan karakter bangsa. Selama ini, pendidikan belum memberikan kontribusi yang berarti dalam pembentukan karakter peserta didik seiring dengan pencapaian kompetensinya. Pendidikan di SMA baru menyentuh pada tingkatan pengenalan norma atau nilai-nilai karakter, belum pada tingkatan internalisasi nilai-nilai karakter dan tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Padahal kesuksesan seseorang tidak semata-mata ditentukan oleh pengetahuan dan kemampuan teknis (hard skill) saja, tetapi lebih oleh kemampuan mengelola diri dan orang lain (soft skill).
pendidikan karakter di SMA adalah kegiatan sekolah; oleh karenanya harus dilakukan      secara bersama oleh semua warga sekolah, yaitu kepala sekolah sebagai pengelola pendidikan, semua guru melalui pembelajaran dan pengembangan diri, tenaga administrasi dalam melayani/menunjang administrasi pendidikan, dan semua peserta didik sebagai subjek pendidikan, didukung dengan pengkondisian sekolah sehingga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari budaya/kultur sekolah

Melalui pendidikan karakter yang dilaksanakan secara berkelanjutan diharapkan semua warga sekolah dapat menunjukkan perilaku berkarakter dalam kehidupan sehari-hari di manapun mereka berada.
Sekian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat untuk kita semua, lebih dan kurangnya mohon dimaafkan Wabillahi taufik walhidayah, wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Naskah Pidato Bertema Pendidikan Karakter

0 komentar:

Posting Komentar