Jumat, 06 Februari 2015

Contoh Naskah Pidato Tentang Bahaya Merokok

Contoh Naskah Pidato Tentang Bahaya Merokok


Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh
            Kepada Ibu guru Bahasa Indonesia, Ibu Ida Susila Sujamad, S.Pd yang saya hormati.
            Dan kepada teman-teman semua yang saya banggakan.

Mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat-Nya lah kita semua dapat berkumpul diruangan ini dalam keadaan sehat wal afiat. Sholawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan Nabi besar kita, Nabi Muhammad SAW serta keluarganya, sahabatnya, dan kita semua selaku umatnya hingga akhir zaman. Aamiin ya Robbal a’alamin.
            Teman-teman semua saya banggakan, tentu sudah kita ketahui semua bahwa kini tingkah laku dikalangan remaja bisa dikatakan sangat memprihatinkan. Bagaimana tidak, seperti ditelevisi, media sosial atau yang sejenisnya, kita bisa melihat remaja-remaja bangsa Indonesia, generasi penerus bangsa ini melakukan tindakan yang tidak sepantasnya di lakukan. Tawuran, aksi Narkoba, merokok diruangan kelas. Seorang remaja seperti kita semua ini, harusnya sudah mengerti akan peran kita dalam bangsa ini. Kita adalah generasi penerus dan pelurus bangsa, kita yang akan meneruskan perjuangan bangsa ini untuk meneggakan keadilan dan kebenaran, dan kita semua akan meluruskan pertikaian bangsa Indonesia ini, bukan malah memperumit pertikaian. Bagaimana bisa bangsa ini akan maju, jika kita semua selaku generasi penerus dan pelurus bangsa, sudah seperti ini. Maka dari itu, dalam kesempatan ini, saya akan membahas salah satu persoalan yang sangat sering kita dengar dan kita jumpai, terlebih persoalan ini terjadi juga di sekolah kita yang tercinta ini. Yaitu MEROKOK. Banyak remaja zaman sekarang yang sudah mencoba benda berasap ini. Tapi sedikit dari dari mereka, belum mengetahui bahaya yang ditimbulkan rokok bagi tubuh kita. Dan saya berdiri ini akan mengajak teman-teman semua untuk membahas tentang, BAHAYA MEROKOK BAGI TUBUH KITA.
Jika kita lihat dari luar, benda berasap ini tidaklah berbahaya. Benda ini tidak tajam, benda ini tidak menggigit, dan benda ini tidaklah membuat kerusakan pada kulit seseorang yang memegangnya. Namun sadarkah kita, didalam benda ini terdapat puluhan zat berbahaya yang siap merusak bahkan menggerogoti tubuh sampai berdampak pada kematian. Dan diantara puluhan zat yang berbahaya itu, diantaranya adalah ;

1.      Tar, zat yang dapat menyebabkan kanker dan sangat berbahaya bagi tubuh.
2.      Nikotin adalah zat yang menyebabkan ketergantungan dan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh manusia dan akhirnya tentu akan berdampak pada jantung sehat dan mengganggu program diet sehat seseorang.
3.      Karbon monoksida, merupakan zat yang dapat mengurangi oksigen dalam tubuh.
4.      Komponen berbagai gas dan partikulat yang dapat menyebabkan gangguan paru dan dapat menyebabkan gangguan pernapasan kronik.

Zat yang saya sebutkan tadi, sebenarnya sudah membuka sedikit tabir bahaya akan rokok. Maka dari itu kepada teman-teman IX-G yang saya cintai, jauhilah benda berasap yang membahayakan itu, jangan sampai kita mencoba-mencoba benda berbahaya itu. Lalu bagaimana dengan teman-teman remaja kita yang sudah terjerumus atau pernah mencoba benda berbahaya itu? Tentu cepat atau lambat teman-teman remaja kita itu akan mengalami dampak yang berbahaya. Dan apakah dampak yang berbahaya itu? yang pertama :

1.      Perokok dapat terserang penyakit Kardiovaskular, penyakit kardiovaskular merupakan sebuah penyakit yang menyebabkan kelainan pada jantung dan pembuluh darah manusia. Apalagi


jika teman-teman remaja yang sudah merokok berbulan-bulan apalagi sampai bertahun-tahun, pembuluh darah dalam tubuh akan mengeras, hal inidisebabkan oleh kolesterol dan lemak yang tertimbun di arteri karena zat nikotin yang ada pada rokok. Penyakit Kardiovaskular ini juga dapat terjadi dari berbagai jenis tergantung dari arteri yang terkena sumbatan.
2.      Perokok dapat terserang penyakit Kanker, salah satunya adalah kanker paru paru, 90% dari pasien kanker paru paru disebabkan karena merokok. Selain itu perokok juga berpotensi memiliki resiko lebih tinggi terhadap kanker lainnya, seperti ;
a.       Kanker  kandung kemih
b.      Kanker ginjal
c.       Kanker faring dan laring (kanker tenggorokan)
d.      Kanker ovarium
Dan masih banyak lagi penyakit kanker lainnya yang dapat terserang didalam diri seorang perokok.
3.      Perokok dapat meningkatkan keriput dan cepat tua.
4.      Perokok dapat mengalami impoten
5.      Perokok dapat mengalami tekanan darah tinggi.
6.      Perokok dapat mengalami asma akut
7.      Perokok dapat meningkatkan risiko katarak
8.      Perokok dapat mengalami iritasi mata dan membuat mata merah.
9.      Perokok dapat mengalami gigi kuning
10.  Perokok dapat terserang penyakit periodontal, yang menyebabkan gusi bengkak, bau mulut dan gigi rontok.

Ternyata jika bahas satu persatu yang ada didalam rokok, sungguh sangatlah  kejam benda rokok itu. Mampu menyebabkan berbagai penyakit dalam diri seorang perokok. Dan yang lebih miris nya lagi, rokok dapat menyebabkan kematian. Namun walau begitu, kita semua yang tidak merokok, bukan berarti kita terbebas dari bahaya merokok. Justru kita juga akan mengalami beberapa dampak yang berbahaya juga, jika kita tidak mengetahui bahaya tentang Perokok pasif atau seseorang yang menghirup asap dari perokok, ya seperti kita semua ini. Dan diantara bahayanya itu, adalah ;
1.      Asma
2.      Penyakit jantung
3.      Infeksi telinga
4.      Sindrom kematian bayi
5.      Iritasi pada hidung, mata dan tenggorokan

Dan sebagai antisipasi bagi perokok pasif adalah dengan menjauhi atau mengendalikan pergaulan dengan perokok aktif atau orang yang melakukan langsung mengisap batang rokok yang dibakar.
Nah, sekarang kita semua sudah mengetahui tentang zat apa yang terkandung dalam rokok dan bahaya rokok bagi tubuh kita. Dan saya sangat berharap sekali pada teman-teman semua, dengan mengetahuinya bahaya akan rokok bagi tubuh kita, teman-teman semua senantiasa menjauhi benda berasap itu. Terlebih lagi teman-teman semua bisa mengajak teman-teman remaja kita yang sudah pernah mencoba rokok, agar meninggalakan kebiasaan buruk itu. Karena mengingat bahwa kita semua generasi penerus dan pelurus bangsa, berarti kita harus bisa meluruskan persoalan yang ada di Negara kita yang tercinta ini, terlebih di sekolah kita yang tercinta

Ibu guru serta teman-teman semua yang dirahmati Allah

Kiranya cukup sekian yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan ini. Dan semoga apa yang saya harapkan tadi, bisa tercapai dan semoga Allah meridhoi usaha kita untuk meluruskan persoalan yang ada di sekolah tercinta ini. Aamiin ya robbal a’lamin. Untuk segala kesalahan dan tutur kata yang kurang berkenan dihati Ibu guru serta teman-teman semua, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih atas perhatiannya.
Akhirul kalam,
Wabillahitaufik Walhidayah Wassalamu’alaikum Warrohmatullohi Wabarokaatuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Naskah Pidato Tentang Bahaya Merokok

0 komentar:

Posting Komentar